Pantai Sorake

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri dengan panorama yang memukau di teluk Lagundri, sebelah selatan pulau Nias, adalah tempat surfer dari seluruh penjuru dunia datang untuk melihat langsung ombaknya yang spektakuler dari pantai berpasir putih.

Ditempat ini, kerumunan turis bisa dibilang hampir tidak ada, sehingga suasananya sangat nyaman untuk bersantai. Menyelam atau memancing juga dapat dilakukan disini.

Kedua spot surving ini berada di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake yang letaknya hanya berjarak beberapa kilometer saja dimana kedua pantai ini tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun. Kedua pantai ini berada di Kabupaten Nias Selatan berlokasi sekitar 12 km dari Telukdalam, ibu kota Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Para peselancar dari berbagai negara banyak datang dan berkunjung di pantai ini biasanya pada bulan April hingga September setiap tahun untuk menjajal gulungan gelombang laut yang tingginya bisa mencapai 7 sampai 10 meter. Yang membuat ombak di Pantai Lagundri ini sangat dicari bagi para selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya geolombang dengan teluk sehingga ombak akan bertambah  besar. Sebab itu berselancar di Pantai Lagundri merupakan tempat yang sangat menantang para peselancar profesional. Ditambah lagi, panjang ombak di kawasan ini bisa mencapai 200 meter.

Di pantai Lagundri ini telah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan rutin yang diselenggarakan di sini di mana ratusan peselancar mancanegara mengikuti ajang perlombaan ini. Peselancar dari Australia terutama begitu mendominasi di Pantai Lagundri ini.

Selain ombaknya yang menantang para peselancar dunia, Pantai Sorake dengan panorama yang memukau di teluk Lagundri, adalah tempat surfer dari seluruh penjuru dunia datang untuk melihat langsung ombaknya yang spektakuler dari pantai berpasir putih. Ditempat ini, kerumunan turis bisa dibilang hampir tidak ada, sehingga suasananya sangat nyaman untuk bersantai. Menyelam atau memancing juga dapat dilakukan disini.

Ditambah dengan pemandangan kearah laut yang mengagumkan, tepat di muka ombak”Indicators” serta hanya berjarak 50 meter dari “The Point”, menghadirkan suasana di seputar teluk Lagundri akan menjadi panorama yang menyejukkan mata.

Selain itu, temukan pula keramahan warga lokal disela-sela kesibukan Anda bisa melakukan belajar surving untuk menyempurnakan teknik surfing dan jalan-jalan mengelilingi pulau.

Nah bulan April cocok sekali buat panggila surfing, mainkan adrenalinmu disini.